Khasiat Asparagus bagi kesehatan

Asparagus merupakan anggota keluarga Lily (Liliaceae) yang meliputi bawang putih dan bawang merah. Asparagus berasal dari kata Yunani yang berarti ‘tunas’. Asparagus termasuk dalam golongan sayuran dan ini memiliki kandungan vitamin K dan asam folat yang berlimpah. Meskipun terdapat lebih dari 300 varietas yang diketahui, hanya 20 varietas yang bisa dimakan. Asparagus merupakan tanaman tak berdaun dan dapat tumbuh hingga 25 cm dalam sehari. Asparagus yang biasa dikonsumsi sebenarnya adalah tunas yang tumbuh dari semacam umbi yang berada di bawah tanah.

Manfaat asparagus bagi kesehatan sangat banyak, seperti untuk meningkatkan kesuburan, membantu mengatasi sindrom pra-menstruasi, kanker, diabetes, mabuk, katarak, rematik, TBC, depresi, penyakit neurodegeneratif dan kejang-kejang. Manfaat lainnya yaitu dapat mengurangi infeksi saluran kemih dan kolesterol dalam darah, meningkatkan kesehatan pencernaan. Asparagus juga memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar homosistein dan bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung. Karena kandungan asam folat yang cukup tinggi, asparagus sangat baik dikonumsi selama kehamilan.

Nilai Gizi Asparagus

Asparagus merupakan sumber nutrisi seperti vitamin, mineral dan protein penting. Asparagus kaya akan vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B-6, folat, C, E (alfa-tokoferol) dan K (phylloquinone). Mineral dalam asparagus termasuk zat besi, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, seng, selenium dan potasium. Asparagus sangat rendah kalori tanpa kolesterol dan juga rendah natrium. Sementara itu, asparagus juga merupakan sumber sayuran yang kaya serat penting bagi tubuh.

Berikut manfaat asparagus untuk kesehatan

1. Kesehatan jantung
Asparagus mengandung folat yang penting untuk kesehatan sistem kardiovaskular dan dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi asam folat.
Minum sedikit jus asparagus yang dicampur dengan madu tiga kali sehari dapat membantu memperkuat jantung yang lemah.

2. Mengontrol gula darah
Asparagus membantu mengontrol kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes, kondisi pra-diabetes, serta hipertrigliseridemia (kadar trigliserida darah yang tinggi).

3. Agen detoksifikasi
Asparagus dapat membantu detoksifikasi tubuh dan mampu membantu mencegah infeksi saluran kemih.

4. Meningkatkan produksi ASI
Asparagus baik untuk ibu menyusui sebab dapat membantu memperbanyak produksi air susu ibu.

5. Kaya antioksidan
Asparagus mengandung banyak antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bila tidak dinetralisasi, radikal bebas tersebut dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kanker, penyakit autoimun, hipersensitifitas, penyakit degeneratif, katarak, dan sebagainya.

6. Kaya serat
Konsumsi reguler asparagus meningkatkan frekuensi buang air besar karena kaya akan serat. Dengan demikian, asparagus mencaga kesehatan usus kita, dan dapat membantu menjaga berat badan.

7. Mengurangi keasaman darah
Jus asparagus mampu membantu mengurangi keasaman darah serta membantu melarutkan batu ginjal.

8. Masalah datang Bulan
Asparagus memiliki kandungan tinggi potasium namun rendah sodium. Mineral-mineral tersebut yang dikombinasikan dengan asparagin, asam amino aktif, membuat asparagus efektif sebagai diuretik alami.
Diuretik sangat berguna mengurangi pembengkakan selama pramenstruasi dan kembung. Diuretik juga membantu mengurangi iritabilitas, kelelahan, dan depresi.

9. Anti inflamasi (anti peradangan)
Asparagus mengandung fitokimia yang menghasilkan efek anti-inflamasi sehingga membantu meringankan berbagai macam peradangan yang terjadi di dalam tubuh kita akibat paparan radikal bebas sehari-hari. Contoh peradangan yang lazim ditemukan ialah artritis, rematik, hipersensitifitas (alergi), dll.

Dengan demikian, asparagus dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut.
Berbagai manfaat bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi asparagus.

Namun bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan yang satu ini disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Segera cek dan konsultasikan alergi anda di Noura Clinic, sebuah klinik preventif yang menyediakan fasilitas untuk cek dan terapi alergi tanpa rasa sakit. Mari kita jadikan hidup sehat sebagai lifestyle.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s