Blog

Manfaat Omega 3: Membantu Penyembuhan Stroke Iskemik

 

Sudah umum diketahui bahwa OMEGA 3 (DHA) penting bagi kesehatan.

Seberapa penting serta manfaat apa yang diberikan omega 3 bagi tubuh?

Omega 3 mempunyai efek perlindungan terhadap jantung. Melalui efek anti-inflamasi dan pengencer darah, omega 3 mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah serta membantu mencegah pembentukan plak darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Melalui penelitian terkini, Nicolas Bazan beserta timnya, peneliti dari sekolah Neuro science di Louisiana, New Orleans menemukan bahwa omega 3 mempunyai efekĀ  protektif (perlindungan) terhadap otak pada kasus stroke iskemik, serta terhadap retina mata pada kasus kebutaan.

Dalam keadaan terancam (hampir mati), sel tubuh membentuk protein IDUNA, yang berfungsi sebagai sinyal S.O.S sel yang terkait. Untuk mengatasi bahaya yang mengancam sel tersebut, tubuh mengirimkan protein NPD-1 (Neuro protector D1) ke lokasi sel yang terancam, guna melindungi DNA sel tersebtu dari kepunahan. Sumber NPD1 adalah DHA (omega 3). Dengan demikian, jika tubuh mendapatkan DHA yang memadai maka tubuh mempunyai cadangan NPD1 yang cukup untuk dikirim saat sel tubuh dalam keadaan terancam.

Dalam kasus stroke iskemik, kondisi kerusakan area otak tertentu akibat kurangnya atau tidak adanya suplai darah ke otak, maka area otak yang terkena akan terancam mati akibat kurangnya asupan oksigen. Tentu hal tesebut mengakibatkan ancaman kematian sel. Jika dalam 2 jam dari kejadian stroke, pasien mendapatkan omega 3 yang memadai. Berdasarkan hasil penelitian tim Nicolas Bazan, maka tingkat penyembuhannya akan lebih tinggi.

Tentu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pengobatan stroke sesuai SOP Spesialis Syaraf harus tetap dilaksanakan.