Biji Chia Makanan Super dengan Kaya Manfaat

Biji Chia adalah biji dari tanaman yang tumbuh di padang pasir, bernama Salvia Hispanica dan biasa tumbuh di Mexico dan umum dikonsumsi untuk meningkatkan energi (energy booster).

Biji Chia mengandung Omega-3, Karbohidrat, Protein, Fiber, antioksidandan Calcium dan sering disebut Super Seed.

Biji Chia adalah biji-bijian alami dan sangat bermanfaat untuk kesehatan, diantaranya: mengurangi / menyeimbangkan berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko penyakit jantung, membantu mengatasi masalah gangguan tiroid, hipo-glycaemia (kadar gula darah kurang), diabetes, acid reflux (asam lambung naik), serta menurunkan kolesterol.

Beda Chia Seed hitam dan putih

Chia seed putih sama dengan yang hitam dalam hal nutrisi yang dikandungnya. Keduanya berasal dari family tumbuhan yang sama tetapi ditanam di tempat yang berbeda.

Salah satu factor utama yang membedakan keduanya adalah warna, walaupun yg putih sedikit terasa lebih renyah/gurih. Beberapa orang memilih warnanya untuk menyesuaikan keindahan masakan yang dibuatnya. Pemilihan antara chia seed hitam dan putih kebanyakan hanya pilihan sendiri.

 

Mengapa mengkonsumsi Chia Seed?

Dahulu sumber Omega-3 hanyadiketahui berasal dari ikan dan sayur-sayuran. Namun, sekarang ikan mungkin tercemar merkuri sedangkan kandungan Omega-3 dalam sayur-sayuran rendah. Saat ini Chia Seed merupakan sumber Omega-3 tertinggi dan berasal dari biji-bijian. Dengan demikian, Chia Seed sangat cocok bagi Anda yang memutuskan menjadi vegetarian, vegan ataupun mengurangi asupan daging/hewani.

 

Nutrisi yang dikandung Chia Seed adalah sebagai berikut:

– 8 kali lipat jumlah Omega-3 dibandingkan salmon,

– 6 kali jumlah kalsium dibandingkan susu,

– 2 kali lipat jumlah protein dibandingkan dengan biji-bijian lainnya,

– 6 kali jumlah potassium dibandingkan pisang,

– 3 kali jumlah antioksidan dibandingkan blueberry,

– 3 kali jumlah zat besi dibandingkan bayam

Mengkonsumsi Chia Seed setiap hari dapat melengkapi kebutuhan nutrisi anda sehari-hari serta meningkatkan kesehatan anda.

 

Sebagai Sumber Protein

Chia adalah sumber protein yang lengkap, menyediakan semua asam amino penting dalam bentuk yang mudah dicerna, dan memiliki sumber serat (fiber) yang luar biasa.

Anti Oksidan

Memiliki anti oksidan yang tinggi dan membuat nutrisi biji-bijian tetap stabil lebih lama. Biji Chia dapat disimpan kering selama 4-5 tahun tanpa penurunan rasa, aroma atau nilai gizi.

Untuk Diet

Biji ini mampu menyerap air dan membentuk gel, dapat menyimpan air 9-12 kali beratnya sehingga dapat menimbulkan rasa kenyang.

Selain itu ketika ditambahkan ke makanan, akan membakar kalori dan lemak tanpa menghilangkan rasa. Dengan demikian, seseorang dapat makan satu porsi biasa namun hanya terserap sekitar setengah kalori yang telah dimakan.

Penyerapan Gula

Chia Seed memperlambat dampak gula pada tubuh. Jika dikonsumsi bersama-sama, biji chia dapat menciptakan penghalang fisik antara karbohidrat dan pencernaan enzim yang menghancurkan mereka dan memperlambat konversi dari karbohidrat menjadi gula. Itu berarti energy dari makanan dilepaskan terus sehingga menghasilkan daya tahan lebih. Ini jelas bermanfaat bagi penderita diabetes pada khususnya.

Gluten Free

Protein kandungannya tidak mengandung gluten yang kurang baik bagi sebagian orang. Hal ini ideal bagi siapa saja yang sensitive terhadap gluten, atau bagi yang ingin menemukan biji-bijian pengganti gluten.

Cara Penggunaan

Chia seed yang lembut ini dapat dengan mudah dijadikan bahan untuk makanan. Cara yang paling umum untuk mengkonsumsinya adalah

  • dicampur dalam cereal, sayur-sayuran, nasi, yoghurt, roti dan bermacam-macam minuman;
  • dicampur ke air minum yang kemudian diminum seperti biasanya kita meminum air;
  • ditaburkan diatas buah-buahan potong yang akan kita makan;

Semakin lama biji Chia terendam, semakin tinggi nutrisi yang tersedia.

 

 

 

 

 

Anda bisa dapatkan biji chia ini di beberapa supermarket dan kini Noura Clinic juga menjual Organic Chia Seed lho;).Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsi biji chia ya Sahabat;)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s