Apa itu Asma Alergik?

Asma alergika adalah asma yang disebabkan oleh reaksi alergi, atau biasa disebut juga allergy-induced asthma Gejala asma akan muncul karena dipicu oleh alergen. Alergen adalah zat-zat tidak berbahaya di lingkungan, namun akan menimbulkan reaksi tidak normal pada tubuh orang yang memiliki bakat alergi. Asma alergika (allergic asthma) adalah tipe asma yang paling banyak terjadi, yakni mencapai 90% dari semua kasus asma.
Umumnya, asma yang terjadi pada anak-anak adalah asma alergik. Menghirup substansi-substansi alergen (debu, jamur, serbuk sari, bulu binatang, dll) akan memicu datangnya gejala atau serangansesak napas. Asthma and Allergy Foundation of America melaporkan bahwa lebih dari setengah penderita asma memiliki alergi. Pada kebanyakan kasus, alergi asma dapat datasii jika dilakukan pemeriksaan dan langkah-langkah penanganan yang memadai.
Pada kasus asma alergik, saluran pernapasan akan bereaksi tidak normal dan sangat sensitif terhadap alergen.

Saluran pernapasan mengalami peradangan sehingga saluran napas menyempit, yang akhirnya menimbulkan gejala asma, seperti:
• Batuk
• Mengi (berbunyi saat bernapas)
• Dada sesak
• Bernapas pendek-pendek, dan
• Bernapas dengan cepat
Pada umumnya, allergen apapun yang kita temui sehari-hari dapat memicu gejala asma. Hal tersebut tergantung bakat masing-masing orang. Golongan alergen yang umum memicu reaksi asma alergika ialah golongan hirup stress, kelelahan, Golongan allergen lain seperti susu, ikan, kerang-kerangan, telur, kacang-kacangan , dan obat-obatan juga dapat menyebabkan asma alergi. Namun, reaksi asma terhadap allergen ini tidaklah umum.
Pemicu asma alergik.

Asma alergik dipicu oleh alergen, yang ukurannya sangat kecil dan mudah terhirup saat bernapas. Alergen yang umum memicu asma antara lain:
• Serbuk sari, biasanya terbawa oleh angin dari pepohonan, rumput dan lain sebagainya.
• Jamur
• Bulu binatang
• Debu dan kotoran binatang kecil, misalnya rayap dan kecoak

Lebih jauh lagi, penderita asma alergik juga dapat mengalami serangan asma melalui pemicu asma yang umum, yaitu:
• Asap rokok
• Asap yang berasal dari kebakaran, dupa, obat nyamuk, maupun kembang api
• Udara dingin
• Aroma yang kuat dari bahan kimia, misalnya parfum atau pewangi ruangan
• Kelelahan
• Stress
• Suhu udara (terlalu panas atau terlalu dingin)

Menangani asma alergik

Penanganan terhadap asma alergik tidak jauh berbeda dengan penanganan asma yang lainnya, karena semua tipe asma akan menunjukkan gejala yang hampir sama. Dokter biasanya akan melakukan diagnosa awal untuk mengetahui tipe asma dan juga pemicunya.
Dokter juga akan memberikan obat-obatan untuk mengontrol dan mencegah serangan asma di waktu yang akan datang. Asma yang ditangani dengan baik membuat penderitanya dapat tetap hidup secara normal dan bisa beraktifitas seperti orang lain.
Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya. Hal yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah melakukan pencegahan atau menghindi materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Mengatasi alergi pertama kali dapat menggunakan obat antihistamin. Meskipun antihistamin tidak bisa menyembuhkan gejala-gejala alergi, obat ini bisa menghambat efek histamin dan mengurangi gejala-gejala yang Anda alami. Antihistamin membantu meredakan gejala-gejala di saluran pernapasan, kulit dan mata.
Antihistamin akan bekerja lebih baik jika digunakan sebelum merasakan gejala-gejala alergi. Jika digunakan secara teratur, antihistamin bisa membentuk perlindungan dalam darah untuk melawan alergen dan pelepasan histamin. Tapi, jangan lupa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakannya.

Kini anda dapat melakukan diagnose alergi serta terapi alergi tanpa rasa sakit yang pastinya aman untuk anda dan si kecil di Noura Clinic yang ada di Bintaro Entertainment Center lantai 4, rooftop atau anda bisa langsung menghubungi no 081283352403 atau 081519507632.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s